cara mendownload ruang guru di laptop

Wiki Article

Jika anda memiliki hobi membaca, lebih-lebih tulisan-tulisan nonfiksi, pasti kamu nggak asing lagi dengan arti artikel. Kamu mampu menemukan postingan artikel pada rubrik tertentu di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang bisa anda temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, kala ini pun anda sedang membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, tapi apa sih yang dimaksud bersama artikel itu? Bagaimana susunan dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan memuat fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun tempat sosial. Artikel mempunyai tujuan untuk mengemukakan inspirasi dilengkapi data dan fakta yang di sediakan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, disaat membaca Blog Ruangguru, kegunaan apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap perihal yang kami coba untuk sampaikan didalam tulisan, pastinya punyai tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan selanjutnya andaikan teks prosedur yang tujuannya untuk memberi petunjuk, teks eksplanasi untuk menyebutkan sesuatu. Nah di artikel ini kami mengupas berkenaan target dari teks artikel.

Tujuan dari artikel mampu di melihat dari 2 sudut pandang, yaitu target bagi penulis artikel, dan target bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk mengemukakan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil analisis secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau membicarakan pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk mengatakan atau membicarakan suatu masalah sesuai bidang pengetahuan tertentu.
Nah itu tadi sebagian tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, target dan manfaat yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana memperoleh pengetahuan dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau obyek artikel berasal dari sisi penulis maupun pembaca, saat ini kami pelajari perihal apa saja ciri-ciri artikel, ya! Kamu mampu mengidentifikasi sebuah teks artikel, kecuali tulisan selanjutnya punyai ciri sebagai berikut:

1. Isi tulisan didalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh postingan dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berbentuk faktual yang berarti berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Serta informatif yang artinya memberikan Info berdasarkan hasil penelitian yang sanggup dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau ide yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan gagasan atau opini penulisnya. Akan tetapi, asumsi selanjutnya dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar enteng untuk di terima pembaca, artikel termasuk ditulis bersama dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka berasal dari itu artikel termasuk disebut sebagai tulisan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibikin dengan sistematis

Artikel punyai bagian-bagian khusus dan ditulis secara sistematis, supaya pembaca sanggup menyadari isinya bersama mudah.

Nah, setelah anda jelas pengertian dan ciri-ciri artikel. Kira-kira kamu tertarik nggak untuk memicu artikel? Eiits, namun sebelum itu, anda wajib mengetahui dulu gimana struktur sebuah artikel.

Hmm, layaknya yang kami tahu, tiap tiap teks pasti punyai struktur. Dengan sadar struktur teks, kita mampu lebih gampang untuk sebabkan artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi struktur artikel, saya berkenan kasih tau program persiapan UTBK terlengkap berasal dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk Info lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri berasal dari tiga bagian, yaitu bagian Pernyataan pendapat atau tesis, anggota argumentasi, dan bagian pengakuan lagi atau reiterasi. Penjelasannya ada di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau ruangguru logo tesis
Bagian terhadap susunan artikel ini memuat gambaran aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pembahasan di di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang memuat persoalan yang coba dibahas dan dapat dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan kembali atau Reiterasi

Bagian struktur artikel yang paling akhir yakni berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke didalam wujud simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, tipe artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

ruangguru login Artikel praktis merupakan artikel yang mengedepankan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, bermakna pesan yang disusun sesuai bersama rangkaian waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu dulu membaca artikel perihal wejangan membuat sesuatu atau langkah melakukan perbaikan dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu termasuk ke didalam artikel praktis.


2. Artikel gampang

Hal utama yang dibahas di dalam artikel ini ialah kasus yang mudah dan nggak ruang guru desktop butuh pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini dengan humor atau memberi kesan menghibur pembaca, namun isinya tetap informatif ya.

Jadi, pembaca tidak kudu berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu mampu menemukan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara umum semua artikel adalah opini. Tapi, jenis artikel ini hanya tersedia di didalam surat kabar atau majalah yang punya penempatan khusus, lho. Penempatan khusus ini terdapat dalam rubrik andaikata kolom opini, tajuk rancangan atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, kebanyakan artikel ini mengupas suatu persoalan secara mendalam, jadi bakal lebih baik kalau penulis perlu punya pemahaman dan udah pakar di bidang tersebut.

4. Artikel kesimpulan pakar

Jenis artikel ini sanggup dikatakan wujud artikel yang paling “serius” satu diantara artikel lainnya. Artikel pemikiran pakar berisi laporan sistematis tentang hasil kajian atau penelitian, jikalau skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat terhadap jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa memakai bahasa populer, sedangkan artikel ini wajib Mengenakan bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page